Ambroxol tablet merupakan obat generik, yang tiap tabletnya mengandung Ambroxol Hydrochloride 30 mg. Ambroxol tablet adalah salah satu obat yang masuk ke dalam golongan mukolitik, yaitu obat yang berfungsi untuk mengencerkan dahak.

Ambroxol tablet umumnya digunakan untuk mengatasi gangguan pernapasan akibat produksi dahak yang berlebihan. Dengan obat mukolitik, dahak yang diproduksi akan lebih encer sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tenggorokan saat batuk. Dengan demikian, pipa saluran pernapasan pun lebih terbuka dan terasa lega.

Dosis untuk dewasa dan anak-anak berusia di atas 12 tahun, biasanya diberikan sebanyak 1 tablet dan diminum 2 sampai 3 kali sehari. Dosis sendiri biasanya akan disesuaikan dengan kondisi pasien, tingkat Keparahan, dan respon tubuh terhadap obat. Pada pasien anak, dosis akan disesuaikan dengan berat badan.

Ambroxol tablet kadang dapat menyebabkan efek samping berupa gangguan pada sistem pencernaan, seperti rasa mual, muntah dan nyeri ulu hati. Namun efek samping ini umumnya tergolong ringan.

 

Tips Menggunakan Ambroxol Tablet

  • Ambroxol tablet dapat diminum sesudah makan.
  • Apabila obat diminum 3 kali sehari maka obat bisa diminum dalam jarak setiap 8 jam sekali.
  • Jangan menggunakan Ambroxol tablet tanpa saran dari dokter jika Anda sedang hamil.
  • Ambroxol tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa saran dari dokter Anda.
  • Ambroxol tablet merupakan golongan obat keras yang tidak boleh dikonsumsi sembarangan tanpa pengawasan dan resep langsung dari dokter Anda.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera hubungi dokter Anda.

 

 

Referensi

Alodokter (2018). Ambroxol.