Tanya:

Dok saya mau tanya, saya hamil 25 minggu, hari ini baru cek kehamilan sekalian minta obat batuk berdahak. Dikasih bidan sirup obat batuk hitam (OBH) & amoxicillin. Apa kedua obat tersebut aman bagi ibu hamil dok? Tolong dijawab ya dok. trims…

TS

Jawab:

Hai TS,

Saat hamil, nutrisi atau obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh sang ibu akan disalurkan ke janin. Hal ini menyebabkan pemberian obat pada ibu hamil tidak bisa sembarangan diberikan. Pada saat ibu hamil mengalami batuk, pengobatan sebisa mungkin diberikan secara natural, seperti konsumsi air hangat dicampur dengan madu dan lemon. Selain itu ibu hamil dapat juga menaruh suatu balsem atau krim yang hangat pada dadanya.

Jika memang sudah terlalu berat, konsultasikan hal ini dengan dokter sebelum mengonsumsi obat. Pemeriksaan Anda dengan bidan sudah baik, konsumsi OBH (bukan yang combi atau plus) sudah lah tepat pada Anda. Hal ini aman untuk ibu hamil. Mengenai amoxicillin, antibiotik ini aman pada ibu hamil, akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa tidak semua penyakit disebabkan oleh bakteri dan memerlukan amoxicillin dalam pengobatan.

Semoga membantu.

 

 

Dijawab oleh: dr. Yosephine. S.

Sumber: Alodokter.

 

 

Background photo created by freepik – www.freepik.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: