Bawa 5 Bekal Sehat Ini Saat Mudik

Bawa 5 Bekal Sehat Ini Saat Mudik

Di akhir bulan Ramadhan ada tradisi yang kita kenal sebagai mudik. Pulang untuk bersilaturahmi bersama keluarga merupakan kegiatan yang banyak dilakukan di Hari Raya. Sayangnya, seringkali perjalanan mudik menghabiskan waktu hingga puluhan jam karena padatnya lalu lintas. Agar kondisi tetap fit tentu saja Anda membutuhkan asupan yang baik selama di perjalanan. Agar lebih sehat, sebaiknya Anda membawa sendiri bekal untuk Anda konsumsi di perjalanan.

Berikut ini lima bekal sehat dan praktis yang dapat Anda siapkan untuk mudik:

Arem-arem 

Arem-arem merupakan makanan khas Indonesia yang praktis untuk dibawa sebagai bekal mudik. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit. Anda cukup merebus santan, garam, dan daun pandan hingga mendidih. Kemudian masukkan beras dan aduk hingga meresap dan kental. Sebelumnya Anda bisa menumis ayam cincang dengan bawang putih, merica, dan sedikit garam. Setelah itu ambil adonan nasi, masukkan ayam yang sudah ditumis sebagai isian, bentuk lonjong pada daun pisang, kemudian kukus hingga matang. Arem-arem akan menjadi lebih awet bila dengan isian ayam. Hindari menggunakan isian sayur karena dapat membuatnya cepat basi.

Makaroni Schotel

Makanan yang satu ini cocok untuk dijadikan bekal karena tidak mudah basi. Makaroni schotel ini dibuat menggunakan susu cair rendah lemak, makaroni, keju, dan daging giling. Tumis bawang bombay sampai harum dan masukkan daging giling, kemudian masukkan susu cair sedikit demi sedikit, lalu masukkan makaroni dan daging asap. Tambahkan keju parut, garam, merica dan telur kocok. Setelah itu tuang dalam pinggan tahan panas dan panggang hingga matang.

Sandwich 

Sandwich tentunya menjadi makanan favorit seluruh anggota keluarga. Anda dapat membawa sandwich untuk dikonsumsi segera di perjalanan mudik. Anda dapat menambahkan isian yang sehat seperti sayur-sayuran, keju, dan telur.

Puding 

Puding atau agar-agar juga termasuk bekal yang sangat mudah dan praktis. Anda hanya perlu merebus bubuk agar-agar. Untuk membuatnya menjadi lebih sehat, Anda bisa menambahkan berbagai buah-buahan ke dalamnya sebagai perasa. Masukkan ke dalam cetakan berbagai bentuk agar lebih menarik lagi. Kemudian tunggu atau masukkan ke dalam kulkas hingga dingin. Agar lebih awet, Anda bisa membawa cooler box dalam ukuran kecil. Dengan begitu Anda bisa menikmati puding lebih lama lagi.

Selai kacang 

Untuk yang lebih praktis, Anda bisa membawa selai kacang. Anda bisa mengoleskannya pada roti tawar atau buah-buahan, seperti apel dan pir. Selai kacang yang diolesi buah-buahan akan memberikan Anda cukup kalori dan vitamin yang dapat menjaga stamina Anda selama di perjalanan mudik.

Sumber : 1Health 
   

Post Author: admin