Daun Ini Sudah Lama dikenal Sebagai Obat Herbal Berbagai Macam Penyakit, Salah Satunya Mengatasi Batu Ginjal! Berikut 10 Manfaat Luar Biasa Yang Tak Banyak Orang Tau

Daun Ini Sudah Lama dikenal Sebagai Obat Herbal Berbagai Macam Penyakit, Salah Satunya Mengatasi Batu Ginjal! Berikut 10 Manfaat Luar Biasa Yang Tak Banyak Orang Tau

Daun tempuyung adalah salah satu jenis daun dari tanaman yang dianggap multifungsi. Tanaman obat herbal satu ini bernama latin Sonchus arvensis L di mana di dalamnya berkandungan tinggi akan manitol, silika, kalium, inositol, taraksasterol, flavonoid, P-laksuserol, dan oc-laktuserol. Tinggi tanaman kira-kira hanya 50-150 cm saja dan batangnya pun berlubang serta memiliki getah hijau.

Daunnya berbentuk gerigi di bagian atas dan tampak berselang-seling memeluk bagian batangnya. Daun ini sendiri juga sudah lama dikenal sebagai obat herbal yang luar biasa ampuh dalam mengobati berbagai macam kondisi kesehatan. Di Indonesia, tanaman ini sangatlah mudah ditemukan, terutama di kawasan semak, lalu kira-kira khasiat daun tempuyung apa yang bisa didapatkan?

 

Mengatasi Wasir

Untuk masalah wasir atau ambeien, daun tempuyung bisa menjadi solusi terbaik dan alami bagi penderitanya. Daun berwarna hijau ini merupakan daun yang berguna untuk menolong tubuh dalam melawan wasir sehingga rasa sakitnya bisa terhentikan.

Untuk menggunakan daun ini maupun tanaman ini secara menyeluruh, Anda bisa menggunakan daun sebanyak 15-60 gram yang kemudian dicuci bersih lebih dulu sebelum merebusnya. Air rebusan daun tempuyung inilah yang kemudian bisa diminum setelah mendidih dan diangkat. Untuk pemakaian luar juga bisa karena daunnya cukup digiling sampai halus saja lalu dibalurkan atau dikompreskan di bagian yang sakit.

 

Mengobati Kencing Batu

Daun tempuyung sangatlah terkenal dalam mengobati masalah batu ginjal atau kencing batu. Karena efektivitasnya sudah begitu dikenal, maka tak ada salahnya Anda mencoba menggunakan daun ini sebagai solusi alami.

  • Cara 1: Sediakan 250 mg daun tempuyung yang telah dikeringkan dan rebuslah bersama 250 ml air, didihkan hingga sisanya 150 ml. Sesudah lebih dingin, saringlah dan bagilah menjadi 3 untuk diminum 3 kali. Dalam satu hari, ramuan ini harus bisa habis dan setiap hari lakukan metode pengobatan ini hingga kencing batu Anda mengalami kemajuan dan benar-benar sembuh.
  • Cara 2: Sediakan daun keji beling selain daun tempuyung yang masih segar 5 lembar masing-masing berikut gula enau 3 jari dan jagung muda 6 buah yang bisa dipotong semuanya. Setelah itu, rebuslah bersama 3 gelas air bersih hingga sisanya ¾ dan saringlah kalau sudah dingin dan minumlah sehari 3 kali masing-masing ¾ gelas tersebut secara rutin sampai membaik.
  • Cara 3: Sediakanlah daun tempuyung, daun sawi tanah serta daun alpukat segar masing-masing 5 lembar berikut juga gula enau 2 jari yang bisa dicuci bersih lebih dulu sebelum direbus bersama 3 gelas air. Didihkan sampai airnya tersisa ¾ dan saringlah kalau sudah dingin, lalu minum sehari 3 kali masing-masing ¾ gelas.

 

Mengatasi Masalah Pendengaran

Jika memiliki masalah pada pendengaran Anda, maka daun tempuyung juga bisa diandalkan sebagai obat alami nan efektif. Tak perlu sulit-sulit juga dalam meramunya karena Anda hanya memerlukan daun tempuyung secukupnya yang masih segar dan cuci bersih lebih dulu. Lanjutkan dengan membilasnyanya menggunakan air matang.

Tak berhenti sampai di situ, Anda masih harus menggiling daun yang telah dibilas tadi hingga benar-benar halus hasilnya. Setelah itu, peraslah daun yang telah digiling halus menggunakan kain bersih. Hasil air perasannya itulah yang bisa diteteskan beberapa kali ke bagian telinga (khususnya telinga yang kehilangan pendengaran). Melakukannya sehari 3-4 kali setiap hari akan membuahkan hasil terbaik.

 

Mengobati Bisul

Untuk kulit yang mengalami bisul, daun tempuyung merupakan pilihan herbal tepat karena daun ini memiliki senyawa yang kinerjanya sangat aktif apabila dijadikan sebagai obat oles. Ketika bisul memberikan efek bengkak pada kulit, Anda juga dapat meredakannya dengan sangat efektif.

Bisul bisa dikompres menggunakan daun tempuyung di mana caranya bisa dibuat sama seperti ketika mengatasi ambeien. Ambil daun tempuyung 15-60 gram yang kemudian bisa digiling halus sebelum dikompreskan pada area yang terserang bisul setiap hari. Lakukan rutin yang bisa juga diimbangi dengan meminum air rebusannya sehingga daun tempuyung dapat menyembuhkan baik dari dalam maupun luar.

 

Mengatasi Radang Payudara

Daun tempuyung juga bisa dimanfaatkan sebagai obat bagi radang di bagian payudara. Para wanita yang kiranya mengalami kondisi kesehatan ini, silakan untuk mencoba bila payudara terkena radang dan enggan menggunakan obat-obatan kimia. Cukup sediakan saja daun tempuyung sebanyak 15 gram banyaknya dan pastikan yang kondisinya masih segar.

Setelah disediakan, cucilah bersih lebih dulu sebelum kemudian Anda rebus di dalam air sebanyak 3 gelas. Didihkan sampai akhirnya air tersebut menyusut dan tersisa segelas. Barulah lanjutkan dengan menyaringnya bila sudah dingin dan Anda pun dapat meminumnya. Konsumsilah sehari 2-3 kali hingga payudara sehat serta bebas dari radang sepenuhnya.

 

Mengatasi Luka Bakar

Sama seperti cara mengobati wasir dan juga bisul, luka bakar adalah masalah kulit yang dapat ditangani dengan daun tempuyung. Cukup digiling halus 15-60 gram daunnya setelah dibersihkan, lalu balurkan ke bagian luka bakar yang hendak disembuhkan. Untuk pemaikaian luar, daun ini menawarkan efektivitas luar biasa sehingga Anda bisa mencoba membuktikannya sendiri.

 

Mengatasi Obesitas

Kegemukan adalah sebuah masalah karena dari obesitas mampu menimbulkan beragam penyakit kronis yang mematikan. Penyakit jantung, stroke, dan juga diabetes berawal dari obesitas yang tak terkontrol. Penumpukan lemak di atas normal akan menyebabkan bermunculannya gejala-gejala penyakit yang bisa berujung pada kematian.

Maka, gunakan daun tempuyung sebagai salah satu solusinya, yakni dengan menyediakan 4 lembar daun tempuyung yang bisa dicuci bersih lebih dulu. Setelah itu rebus hingga mendidih dengan 100 ml air. Sesudah diangkat, tunggulah beberapa saat hingga lebih dingin dan saring sebelum meminum air rebusan. Setidaknya, konsumsi selama 21 hari agar obesitas bisa teratasi.

 

Mengobati Usus Buntu

Usus buntu bukanlah masalah kecil karena penanganannya selalu harus dengan cara pembedahan alias operasi. Jika usus buntuk mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh penyumbatan saluran ke usus buntu, hati-hati karena akibatnya usus buntu dapat pecah kalau tak segera ditangani dengan benar.

Bila ingin menangani secara alami, cobalah daun tempuyung dengan menyiapkan 30 gram daunnya di mana setelah dibersihkan lebih dulu Anda bisa rebus bersama 2 gelas air. Setelah mendidih, angkat dan biarkan dingin saja lebih dulu sebelum akhirnya boleh Anda saring. Air hasil rebusan bisa Anda minum sehari 2-3 kali sampai usus buntu benar-benar sembuh.

 

Mengobati Infeksi Kandung Kemih

Infeksi kandung kemih bisa terjadi pada siapa saja dan untuk mengobati peradangan yang terjadi akibat bakteri tersebut, daun tempuyung bisa dimanfaatkan. Jika gejala sudah dirasakan, seperti rasa sakit di saat buang air kecil, jangan biarkan atau tunggu terlalu lama karena akna dapat berbahaya.

Sediakan daun tempuyung sebanyak 5 lembar dan cucilah sampai bersih lebih dulu, baru Anda makan mentah-mentah. Jadikan daun tempuyung ini sebagai lalapan, lalu makanlah 3 hari sekali saja namun secara rutin supaya infeksi kandung kemih cepat membaik dan rasa sakitnya pun cepat memudar.

 

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi adalah masalah yang bisa sangat serius apabila tak diatasi secara cepat. Jika Anda punya darah tinggi, jangan ragu untuk menggunakan daun tempuyung sebagai lalapan seperti ketika mengobati infeksi kandung kemih. 5 lembar daun tempuyung yang telah dibersihkan bisa dimakan sebagai lalapan secara rutin hingga tekanan darah kembali normal.

 

Artikel Asli>

Related Post

Tips Menjaga Kesehatan Jika Anda Pecinta Makanan Pedas Tips Kesehatan - Bagi Anda pecinta makanan pedas, hidup Anda mungkin akan terasa kurang lengkap jika menyantap lauk-pauk tanpa kehadiran cabai atau sa...
Sang Istri Mencampurkan Daun Ketumbar dengan “Ini” dan Meminumnya Seti... Manfaat Daun Ketumbar - Kegemukan digambarkan sebagai penyimpanan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Ini membahayakan kesehatan dan pengaruh besar ...
Untukmu yang Dietnya Gagal Terus, Cobain Terapi Diet menggunakan Jeruk... Siapa yang menyangka bahwa diet alami bisa di lakukan dengan jeruk nipis? Yap, di balik rasanya yang masam, jeruk nipis kaya akan sejuta manfaat bagi ...
Kebiasaan Cuci Tangan Itu Baik, tapi Bisa Keliru pada Anak TEMPO.CO, Jakarta - Orang tua melakukan berbagai cara agar anak mereka tetap sehat. Salah satu kebiasaan baik dan sederhana yang diajarkan sejak dini ...
KAPSIDA (Kapsul Bersih Darah) Untuk Pria dan Wanita KAPSIDA Kapsul bersih darah kembang bulan dibuat untuk meringankan gatal-gatal, bisul, korengan dan jerawat, mengandung ekstrak buah ketumbar dan sam...
6 Kebiasaan Sehat yang Bantu Cerahkan Kulit Kabar6 - Selain tidak sehat, memiliki kulit juga dapat mengganggu penampilan. Karena itulah tidak sedikit orang yang memakai produk perawatan kulit ag...
Tak Disangka! Rumput Teki Ampuh Sebagai Obat Herbal, Tanggulangi Darah... Intisari-Online.com - Rumput teki yang tumbuh liar di halaman rumah biasanya hanya dipotong habis dan dibuang karena dianggap sebagai tanaman liar pen...
Jangan Buang Lagi Kulit Pisang! Karena Selain Bisa Memutihkan Gigi, Ku... Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. b...

Post Author: admin