Berikut beberapa fakta tentang Fasidol Forte kaplet yang harus anda ketahui.

Fakta 1:

Fasidol Forte kaplet mengandung paracetamol yang dikenal juga sebagai acetaminophen, dan nama kimianya adalah N-asetil-para-aminofenol.

Fakta 2:

Paracetamol adalah analgesik dan antipiretik, yang artinya obat ini digunakan untuk meringankan rasa sakit seperti sakit kepala, sakit gigi dan dapat membantu untuk menurunkan demam.

Fakta 3:

Fasidol Forte tersedia dalam bentuk kaplet, dan tiap kapletnya mengandung paracetamol 650 mg.

Fakta 4:

Tidak hanya berbentuk kaplet, Fasidol Forte juga tersedia dalam bentuk syrup. Tetapi syrupnya ditujukan untuk usia 6 – 12 tahun, sedangkan kaplet untuk dewasa & anak-anak yang sudah berusia di atas 12 tahun.

Fakta 5:

Obat ini diminum 3 kali sehari yang artinya dapat diminum dalam jarak setiap 8 jam sekali 1 kaplet.

Fakta 6:

Fasidol Forte kaplet diproduksi oleh PT. Ifars Pharmaceutical Laboratories. Obat ini masuk ke golongan obat bebas atau OTC (over the counter), yaitu obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter.

Fakta 7:

Menggunakan obat ini melebihi dosis yang dianjurkan, dan penggunaan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerusakan fungsi hati.

Fakta 8:

Paracetamol aman bagi kebanyakan orang dari segala usia, meskipun orang dengan gangguan fungsi hati harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Fakta 9:

Beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti mual, muntah, dan sakit perut setelah menggunakan paracetamol. Dan lainnya mungkin alergi terhadap paracetamol, dengan gejala gatal-gatal, pembengkakan pada wajah dan / atau kesulitan bernafas.

Fakta 10:

Menggunakan obat ini pada orang yang mengkonsumsi alkohol, dapat meningkatkan resiko kerusakan fungsi hati. Alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Fakta 11:

Tidak hanya Fasidol Forte kaplet yang mengandung paracetamol 650 mg, obat dengan merk Sanmol Forte, Mirasic Forte, Selesmol Forte juga mengandung paracetamol 650 mg tiap kapletnya.

Fakta 12:

Harga obat ini termasuk murah, berkisar antara Rp 3.500 – Rp 4.000 per stripnya atau 10 kaplet.

Referensi

DrugsBanks (2017). 12 Facts about Paracetamol You Should Know

Wikipedia (2018). Parasetamol