Pabrik

Mediamer B6 diproduksi oleh Darya-Varia.

 

Komposisi mediamer b6

Tiap tablet salut gula mengandung

Pyrathiazine theoclate 40 mg

Pyridoxine HCl (vitamin B6) 37.5 mg.

 

Farmakologi

Bekerja secara sentral menghambat impuls reflek muntah di pusat muntah (emetic centre) dan di trigger zone (chemoreceptor trigger zone – CTZ).

 

Indikasi

Untuk mencegah muntah-muntah setelah operasi, muntah-muntah pada masa kehamilan dan muntah-muntah dalam perjalanan.

 

Posologi

  • Dewasa : 1-2 tablet salut gula sehari.
  • Untuk muntah-muntah dalam perjalanan dapat diberikan 1/2 tablet salut gula 1 jam sebelum bepergian dan diulang apabila diperlukan.
  • Anak-anak 6-12 tahun : separuh cara pemakaian untuk dewasa.

 

Peringatan dan perhatian

Selama menggunakan obat ini jangan mengendarai kendaraan bermotor.

 

Efek samping

Mengantuk.

 

Kontraindikasi

Terhadap penderita yang hipersensitif.

 

Yang sering ditanyakan

Tanya :

Istri saya minum mediamer 3x sehari apa gk papa? sedangkan petunjuknya 2x sehari

 

Jawab :

Mual pada ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi sembarang obat tanpa pemeriksaan oleh dokter.

Jika anda mengkonsumsi mediamer maka obat tersebut merupakan obat yang mengandung vitamin B6. vitamin B6 dapat berfungsi untuk mengurangi rasa mual pada berbagai keadaan termasuk pada ibu hamil. Mengkonsumsi obat tersebut sebaiknya dengan petunjuk dokter. tetapi anda diperbolehkan mengkonsumsi hingga 3 kali sehari dan hal tersebut biasanya tidak menyebabkan suatu hal yang berbahaya. (Alodokter)

 

Tanya :

Amankah minum obat mual jk diminum stiap hari, Saya minum obat nama obat nya mediamer b6, saya minum obat ini karena saya sering muntah muntah, saya hamil tiga bulan.. tapi semenjak saya meminum obat ini muntah nya berkurang makanya saya lanjut meminum obat mediamer b6, pertanyaan saya amankah jika diminum dalam jangka yang panjang

 

Jawab :

Saat kehamilan memang tidak diperkenankan untuk meminum berbagai macam obat dan pada trimester I (3 bulan kehamilan) lebih banyak resiko yang terjadi bila minum obat tidak sesuai dengan anjuran dokter karena pada waktu pembentukan sistem saraf ada pada trimester I.

obat yang aman pada kehamilan adalah obat yang dalam peredarannya dalam darah tidak disalurkan ke plasenta dan tidak bersifat toxic (racun) untuk janin.

untuk mediamer memang diberikan pada wanita hamil yg menngalami mual-muntah saat hamil di trimester awal yg disebut HEG atau hiperemesi Gravidarum.

mediamer berisikan vitamin b6 dan doxylamin (antihistamin). untuk pengkonsumsian vitamin B6 dg waktu yg panjang saat kehamilan tidak masalah karena sebagai vitamin untuk pembentukan sistem saraf janin sedangkan doxylamin yg terkandung sampai saat ini tidak ada penelitian terhadap efek yg diberikan pada ibu hamil pada jangka waktu panjang.

saran saya hentikan penggunaan mediamer karena biasanya pada usia kehamilan diatas 3 bulan mual-muntah sudah mulai berkurang, anda bisa mengganti dg vitamin B6 dan Asam folat yang telah dikonsulkan terlebih dahulu ke dokter anda. (MeetDoctor)