Pabrik

Oxytetracycline HCl Salep Kulit diproduksi oleh Kimia Farma.

 

Komposisi

Tiap gram oxytetracycline hcl salep kulit mengandung :

Oxytetracycline HCl setara dengan oxytetracycline 30 mg.

 

Indikasi oxytetracycline hcl salep kulit

Infeksi superfacial yang peka terhadap oxytetracycline.

 

Kontra indikasi

Hipersensitive terhadap oxytetracycline.

 

Cara pemakaian oxytetracycline hcl Salep Kulit

Dioleskan pada kulit yang sakit 2 – 3 kali sehari dengan dibersihkan terlebih dahulu.

 

Peringatan dan perhatian

  • Pengobatan harus dihentikan jika terjadi iritasi atau sensitisasi.
  • Pemakaian antibiotika dapat menyebabkan pertumbuhan yang berlebihan dari organisme yang tidak peka.

Bila timbul infeksi baru selama pengobatan, hentikan pengobatan dan ganti dengan pengobatan baru.

 

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

 

Kemasan

Dus 25 tube @ 5 gram.

 

Yang sering ditanyakan

Tanya :

Saya mau tanya salep oxytetracycline bisa untuk anak usia 4 tahun gak?

 

Jawab :

Oxytetracycline adalah antibiotik golongan tetrasiklin yang berguna untuk mengatasi penyakit yang muncul akibat infeksi bakteri. Obat ini tersedia dalam beberapa jenis sediaan, di antaranya salep mata, salep kulit, atau juga obat suntik.

Salep oxytetracycline bisa digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit, di antaranya yakni:

  • Slep mata, digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri pada mata, contohnya konjungtivitis
  • Salep kulit, digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri pada kulit, misalnya jerawat

 

Perlu diperjelas terlebih dulu, keluhan seperti apa sesungguhnya yang terjadi pada anak Anda? Apakah sudah diperiksakan ke dokter dan didiagnosis sebagai infeksi bakteri? Apakah dokter langsung yang meresepkan obat tersebut?

Penggunaan antibiotik jenis apapun hanya aman bila dilakukan atas petunjuk dan resep dari dokter. Khusus untuk jenis antibiotik yang Anda sebutkan, obat ini tidak disarankan untuk digunakan pada anak berusia kurang dari 12 tahun karena berisiko mempengaruhi pertumbuhan tulang dan juga gigi. Namun, pada beberapa kondisi yang jarang, bisa saja penggunaan obat ini dilakukan secara topikal, tentunya apabila dirasa manfaat yang didapat jauh melebihi risiko efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Sebab itu, sebaiknya Anda memeriksakan dulu anak Anda ke dokter sebelum memutuskan menggunakan obat apapun untuk mengatasi keluhannya ya. (Sumber: Alodokter)

 

Tanya :

Apakah oxytetracycline hcl salep kulit bisa menghilangkan kutil?

 

Jawab :

Oxytetracycline adalah obat golongan antibiotik. Antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan tidak efektif untuk mengobati infeksi lain seperti infeksi virus, jamur, parasit.

Kutil disebabkan oleh virus HPV (Human Papiloma Virus) yanh ditandai dengan penonjolan kulit yang kasar diatas permukaan kulit. Virus ini membuat produksi keratin pada lapisan kulit menjadi sangat meningkat sehingga kemudian terjadu penumpukan di beberapa bagian kulit.

Berikut gejala dari kutil diantaranya:

  • Tonjolan kulit ke atas permukaan kulit dan memiliki struktur yang kasar
  • Ukurannya sekitar 0,1 sampai 1 sentimeter
  • Biasanya tidak menimbulkan rasa sakit namun ada juga yang menimbulkan rasa sakit

 

Kulit sangat mudah menular, karena itu saya anjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Tatalaksana yang dilakukan dapat dengan pemberian obat yang mengandung formaldehyde atau glutaraldehyde, cryotherapy, dan prosedur operasi seperti laser, bedah elektrokauter.

Jadi, penggunaan oxytetracycline untuk mengobati kutil tidak bermanfaat, karena kutil di sebabkan oleh virus sedangkan oxytetracycline adalah obat untuk infeksi bakteri. (Sumber: Alodokter)

 

Tanya :

Kadas dan Kurap di selangkangan paha apakah bisa menggunakan obat oxytetracyline salep?

 

Jawab :

Kurap adalah penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh jamur. Penyakit ini dapat menyerang berbagai macam bagian tubuh seperti kuku, kulit kepala, selangkangan, kaki, dll. Dalam bahasa medis, kurap disebut juga dengan tinea. Pada kurap, gejala yang muncul adalah ruam berwarna merah dengan tepi yang menebal dan tidak beraturan.

Penyebab dari kurap adalah jamur yang dapat bertahan hidup di kulit, dan menular melalui kontak langsung baik dengan manusia, hewan, objek, atau bahkan tanah. Untuk memastikan masalah kulit Anda, ada baiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit. Jika dirasa perlu, dokter dapat melakukan pemeriksaan lanjutan seperti tes kulit atau pemeriksaan sinar ultraviolet.

Untuk penanganan dari jamur tentu Anda harus menggunakan obat antijamur baik yang oral maupun oles. Obat oxytetracycline salep merupakan antibiotik, yang tentu diperuntukan untuk mengatasi infeksi bakteri, bukan jamur. Jadi menjawab pertanyaan Anda, obat tersebut tidak dapat digunakan untuk penyakit jamur. Berikut beberapa tips untuk Anda:

  • Mengenakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut
  • Membersihkan bagian yang terinfeksi secara teratur
  • Mengganti atau mencuci pakaian sesering mungkin selama masih terinfeksi. (Sumber: Alodokter)

 

Tanya :

Apa salep oxytetracycline, bisa mengobati alergi di kulit akibat makanan ?

 

Jawab :

Seseorang dapat mengalami alergi akibat sistem kekebalan tubuh keliru merespon suatu zat. Alergi dapat berbeda antara satu orang dengan yang lain karena respon tubuh setiap orang berbeda2. Bila anda alergi terhadap suatu makanan maka akan timbul gejala seperti: ruam kemerahan di kulit, gatal, bengkak di bagian wajah atau bibir, mual muntah atau yang berat dapat mengakibatkan sesak nafas.

Penanganan terbaik untuk alergi ialah dengan menghindari pencetus alergi. Bila anda alergi makanan maka kenali zat makanan tersebut dan hindari konsumsinya maupun makanan lain yang mengandung zat tersebut. Untuk pengobatan alergi juga dapat mneggunakan obat2an yang baiknya diberikan oleh dokter berdasarkan hasil pemeriksaan. Sedangkan salap oxytetracyline merupakan salap antibiotik yang berfungsi untuk melawan infeksi bakteri bukan untuk gangguan kulit yang disebabkan oleh alergi. (Sumber: Alodokter)

 

Related Post

Paracetamol 500 mg Tablet Obat Untuk Apa? Indikasi, Dosis Nama generik Paracetamol   Merek lain dengan komposisi sama Selesmol, Ottopan   Komposisi Paracetamol 500 mg   Car...