Pabrik

Sanmag tablet diproduksi oleh Sanbe Farma.

 

Komposisi sanmag tablet

Tiap tablet mengandung :

Magnesium trisilikat
325 mg
Alumunium hidroksida koloidal
325 mg
Papaverin HCl
30 mg
Klordiazepoksida HCl
5 mg
Vitamin B1
2 mg
Vitamin B2
1 mg
Vitamin B6
0,5 mg
Vitamin B12
1 mcg
Niasinamida
5 mg
Kalsium pantotenat
1 mg

 

Farmakologi

Sanmag tablet merupakan campuran sediaan obat yang tepat dalam pengobatan kelebihan asam lambung, tukak lambung dan tukak usus 12 jari.

Magnesium trisilikat dan alumunium hidroksida koloidal adalah antasida-antasida yang dengan cepat dapat menyembuhkan radang lambung.

Papaverin HCl adalah spasmolitika yang merelaksasi otot-otot polos lambung dan usus. Kejang-kejang akan hilang sehingga perasaan sakit juga lenyap.

Klordiazepoksida HCl mengurangi ketegangan emosi, seperti perasaan cemas, takut, frustasi, yang memegang peranan dalam menyebabkan kelebihan asam lambung, tukak lambung dan tukak usus 12 jari.

Sanmag tablet mengandung vitamin B kompleks untuk mencegah kekurangan vitamin pada penderita yang harus diet.

 

Indikasi

Kelebihan asam lambung, gastritis, spasme pada lambung dan usus 12 jari, tukak lambung dan tukak usus 12 jari, dispepsia neurogenik, hipermotilitas usus, flatulensi.

 

Kontra indikasi

Hipersensitivitas terhadap komponen obat.

 

Dosis

1 – 2 tablet, antara dua waktu makan.

 

Yang sering ditanyakan

Tanya :

Apakah lapraz/lansoprazole 30mg boleh di minum secara bersamaan dgn sanmag. Karena saya di beri obat lapraz dgn dosis 1×1 Dan sanmag 2×1.

 

Jawab :

Lapraz dan sanmag merupakan golongan obat yang umum diresepkan pada penderita penyakit asam lambung dan sakit maag. Lapraz memiliki kandungan aktif berupa lansoprazol yang termasuk kedalam golongan obat penghambat pompa proton dan memiliki cara kerja berupa penghambatan total terhadap produksi asam lambung sehingga bagus diberikan pada saat sebelum makan.

Untuk sanmag sendiri memiliki kandungan berupa alumunium hidroksida. Obat ini bekerja dengan menetralisir asam lambung yang ada sehingga penggunaannya sebaiknya setelah makan dan sebaiknya dikonsumsi setidaknya setengah jam setelah makan. Peresepan kedua obat tersebut tidak apa-apa karena dikonsumsi pada dua waktu yang berbeda.

Related Post

Aludonna Tablet Obat Apa? Komposisi, Indikasi Pabrik Aludonna tablet diproduksi oleh Armoxindo Farma.   Aludona tablet diformulasikan untuk mengurangi gejala nyeri kelebihan asam lambung, ...